Thursday 18 July 2013

The Usus Buntu

Berikut adalah beberapa scenes, pra dan post operasi usus buntu

RS Swasta poli penyakit dalam
Dokter Sp.  PD : Ini tidak spesifik ya
Gue : Bisa jadi bukan usus buntu dok?
Dokter Sp. PD : Bisa jadi bisa jadi! *Mendadak kuis Indonesia pintar eat bulaga*
Gue : Kemungkinan lainnya apa dok?
Dokter Sp. PD : Infeksi organ kandungan seperti ovarium
Gue : Kalau maag ngga bisa ya dok hehehe *ngga bisa nerima kenyataan*
Dokter Sp. PD : Hehe, besok pagi kamu appendicogram aja dulu ya biar pasti, kalau USG kurang jelas.
Gue : Ya dok -______-

Dok, maaf dok, saya ngga sempat appendicogram, keburu masuk IGD saya dok, ngga sempat kasi tau dokter final resultnya dok, maaf dok mungkin dokter sampai sekarang masih penasaaran, mudah mudahan dokter baca blog saya, sehingga dokter ngga penasaran lagi *geer banget gue*

Taxi
Sopir taxi : Wah, ponakan sakitnya udah parah ini ya?!!!!
Gue : Iya vaaak *ngga ada tenaga lagi buat nyebut pak*
Sopir taxi : Makanya jangan suka makan mie blablabla !!!!!!
Gue : Iya vaaaak
Sopir taxi : Ini kita kemana?!!!!
Gue : IGD RSUD vaaaak
Sopir taxi : *Ngelanjutin ceramah dengan judul : berbagai faktor penyebab gue sakit perut*
Gue : *Ngelanjutin doa biar sopir taxinya memutuskan untuk fokus nyetir aja*

Makasih banyak Bapak Jarijis, sopir taxi yang gue kenal sejak gue kerja pekanbaru, yang mau nganterin gue jam 6 ke RSUD, jayalah riau taxi!

IGD *terserah aja kak*
Perawat : Kita pasang infusnya ya
Gue : Terserah aja kaaaak *merem melek nahan perut keram*
Perawat : Kita pasang gelangnya ya untuk identitas
Gue : Terserah aja kaaaak *merem melek nahan perut keram*
Perawat : Kita ambil darahnya ya
Gue : Terserah aja kaaaak *merem melek nahan perut keram*
Perawat : Ini wadah untuk nampung uriinya ya
Gue : Terserah aja kaaaak *merem melek nahan perut keram*
Perawat : Kita tunggu dokternya ya
Gue : *udah tau gue mau nulis apa kan?*

Makasih buat semua perawat IGD yang bertugas hari itu, baek baek banget, sumpah ini rumah sakit pemerintah pelayanan kaya rumah sakit swasta, buat adek adek koas dorong dorongin brangkar gue, tetap cemungud eaaa!

Prahara urin
Gue : Eh ini dikasi buat nampung urin
Nadia : Bisa ke kamar mandi?
Gue : Eh gila, ini geser badan di atas bed aja sakit
Nadia : Minta pispot aja
Uul : Jangan! Beli aqua gelas aja
Namun adegan mengurini gelas plastik aqua gelas gagal, padahal uul dan nadia udah semangat bikin tirai dari pashmina, dan akhirnya
Perawat : Kita coba ambil urinnya pake kateter ya
Gue : Terserah aja kaaaak

Perkara belah membelah
Gue : Nad, cari dong gambarnya dimana dibelahnya
Nadia : *otak atik hp*
Gue : TAPI JANGAN YANG SEREM NAD!!!!
Nadia : HAHAHAHA

Konon nadia adalah penggemar video youtube dengan tema orang dimakan singa, dan sejenisnya -____-

Ruang tunggu OK
Gue : Bang, pernah nonton film awake ngga?
Abang koas : Ngga, yang mana tuh?
Gue : Jessica alba yang maen bang
Abang koas : Ngga
Gue : Film itu tentang anastesi awareness bang, anastesinya ngga kerja dengan baik, jadi pasiennya itu masih ngerasa sakit waktu dioperasi bang, tapi dia ngga bisa gerak, teriak ataupun buka mata, di film itu dia ngeluarin air mata loh bang, tapi ngga ada yang liat
Abang koas : Oooh
Gue : Ntar liat mata tari ya bang, kalau keluar air matanya lapor ke dokternya
Abang koas : Hehe iya

Makasih buat abang koas, pulsa buat ngesms nadia dan uul yang megang hp gue, buat sharingnya, dengerin pemikiran aneh gue tentang operasi, semoga cepat tamat bang :p

Memasuki ruang OK
Koas : Kita masuk ke ruang OK ya *sambil ngedorong brangkar masuk ruang OK*
Gue : Iya *gue mikir harus baca apa ya, akhhirnya gue meutuskan baca doa mau tidur dan syahadat*

Di sinilah terjadi adegan haru saat gue masuk ruang OK, dan nyokap bokap gue meninggalkan ruang tunggu OK, kalau film nih adegannya mendadak jadi slowmo, dan ostnya biola dengan aluran musik yang pilu.

Ruang OK
Gue sibuk celingang celinguk, maklum baru pertama masuk ruang OK, ruang OK bedah mulut di kampus ngga segininya, berikut gambarannya:

1. Gue baring di meja operasi, sejenis tempat tidur yang kecil, tempat tidur itu kiri kanannya ada besi yang bisa direntang, untuk narok tangan gue, jadi posisi gue kaya di salib, tangan kiri gue dipasang infus dan pergelangan tanggannya diiket longgar ke besi tadi, mungkin maksudnya jaga jaga mana tau gue waktu operasi berubah jadi wolverin -___-
2. Di kanan atas gue ada monitor, itu monitor yang di film film, yang kalau mati garisnya jadi lurus dan bunyinya" teeeeeeet", gue makin degdegan.
3. Di depan gue ada lampu segede kuali, bukan kuali anak kos, kuali orang masak rendang buat pesta nikah, gede kan ya, terang banget, bagus, tapi ngga jual di hypermart, apa lagi indomaret, ngga ada.

Gue : Udah dimasukin anastesinya?
Koas : Belum, kalau udah dimasukin pasti langsung tidur
Gue : Oh iya hehe

Gue makin galau, gimana kalau habis dianastesi gue ngga tidur, gimana kalau dianastesi mata gue merem tapi gue bisa denger, gimana kalau ntar kaya film jessica alba, aaaaak. Dan gimana gimana itu terhenti setelah salah seorang petugas medis mendadak ngomong

Perawat : Kita cuci perutnya yaaa
Gue : Iya

Gue kembali menatap lampu yang segede kuali tadi sambil mengeluarkan kata kata yang bisa jadi bakal jadi kata kata terakhir, tapi di dalam hati aja, tapi tetep keren : Oke, gue siap, sampai ketemu lagi tari, bismillahirrahmanirrahim, dan koneksi terputus *gelap*

Ruang pemulihan
Samar samar gue denger orang manggil nama gue, perlahan lahan gue buka mata, burem banget, gue berasa kaya di film film yang orang habis operasi transplantasi mata gitu, obses film banget, trus gue tutup mata lagi, trus ada yang manggil lagi, akhirnya gue liat muka nyokap di kiri gue sambil senyum, dan muka siapa di kanan gue? ayo tebak siapa? IBUK KOS! bokap gue manaaaah?

Mama : Bangun nak
Gue : Udah aja ma? *soooook, sok merasa bentar, tapi emang ngga berasa apa apa, kaya baru tidur 5 menit ngga pake mimpi udah dibangunin, ngantuk banget*
Gue : Ini apa diidung tari ma?
Mama : Oksigen itu

Gue bangun dengan kondisi dibungkus kaya anak bayi baru lahir, dua dua tangan gue masuk selimut, bangun bangun gue panik, gue keluarin kedua tangan gue dari selimut, pegang idung eh ada sonde, penggang leher ada penyangganya, liat perut ada selangnya. Awalnya gue pikir itu kateter ternyata itu selang drain, selang dari perut gue untuk buang sisa cairan yang masih ada di perut.

Papa : Tidur aja lagi kalau masih ngantuk
Gue : Ma pa, pegang tangan tari

Gue tidur bentar, habis itu berusaha buat melek, malam itu gue berasa sehat banget, enteng banget, ngga tau karena saking senengnya kembali dikasi kesempatan hidup, atau karena efek obat biusnya, atau karena masih bisa ketemu nyokap bokap gue.

Gue rawat inap seminggu di rumah sakit, dan sempat drop di hari pertama sampai hari ketiga paska operasi.

Makasih banyak buat dokter bedah, para perawat OK, koas, operasinya ajiiiib, lancar jaya.

Para perawat di VIP yang sabar banget tiap bentar gue panggil karena darah gue naek mulu di selang infuslah, yang ngeluh suhu badan gue naek turunlah, yang asam lambung gue melambung tinggi sampe kerongkongan, semoga kakak kakak awet muda, amin

Mas mas dan mba mba yang nganter makanan yang tiap masuk selalu bilang "permisiiii~" dengan nada yang seragam walaupun masnya ganti, ada standar iramanya kali ya.

Mba CS yang tiap pagi sama sore bersihin kamar, mba yang gantiin alas kasur gue, satpam yang katanya galak padahal ngga.

Semua temen temen yang udah datang liatin, nemenin, terutama nadia uul yang udah jadi teman siaga. hahaha, topmarkotop.

Pesan gue sebagai alumni usus buntu  dansesuai dengan pesan dokter bedah gue perbanyaklah makan sabu, iya sabu, bukan sarapan bubur, itu mah nyanyi si Alam, sayur dan buah.

Ngga ada hubungannya sama kemakan biji bijian, biji cabe, apa biji semangka, apa biji jambu biji, apa lagi biji duren, ngga ada pokoknya.

Buat yang merasa nyeri nyeri ngga asik gitu di perut kanannya, periksa sedini mungkin, mending operasi dari pada cairannya meluber di perut lu, bisa menyebabkan seseorang kembali keharibaanNya.

Bonus:
Ini foto bekas operasi usus buntu dengan kreasi yang diunggah ke internet hahaha, ntah perut siapa ini :D



Salam hidup sehat, and stay away from angsa ;)




No comments:

Post a Comment